yX Media - Monetize your website traffic with us

Sunday, September 10, 2017

Black Garlic atau Bawang Hitam



Hari ini kita akan membahas tentang bawang hitam atau bahasa kerennya black garlic. Kita akan membahas dari apa sih itu bawang hitam, manfaat sampai cara membuatnya.

"Loh ini dibuat?.😮
Kita langsung bahas saja yaa.



1. Apa sih itu Bawang Hitam / Black Garlic ?
Kita pasti sudah tahu apa itu bawang putih, nah bawang hitam sendiri pada dasarnya hampir sama dengan bawang putih. Sebenarnya bawang hitam itu adalah fermentasi dari bawang putih yang dipanaskan dengan suhu tertentu. Bawang hitam ini sendiri sudah digunakan oleh bangsa Jepang, Korea, dan Cina sejak ribuan tahun yang lalu sebagai suplemen kesehatan tubuh loh.

2. Apa saja manfaatnya?
Untuk manfaatnya sih belum ada penelitian yang pasti ya terhadap bawang hitam ini. tetapi menurut "https://food.detik.com"
Faktanya bawang hitam terbukti memiliki manfaat kesehatan dalam sejumlah studi pada hewan. Peneliti di Korea, misalnya, menemukan bawang putih hitam efektif membantu atasi kolesterol pada tikus. Sementara pada manusia, penelitian yang sama hanya sedikit.elain bawang putih hitam, produk bawang putih yang sudah dilayukan seperti Kyolic juga bermanfaat atasi sejumlah penyakit yang tidak bisa 'diatasi' oleh bawang putih hitam. Kyolic merupakan suplemen makanan produksi Wakunaga Pharmaceutical Co. di Jepang.

"Kyolic bahkan terbukti cukup kuat membantu kurangi penyebab faktor risiko jantung seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi," ujar David L. Katz, Direktur Yale-Griffin Prevention Research Center di Universitas Yale, Amerika Serikat pada Wall Street Journal (20/6). Ia adalah peneliti independen yang tidak terkait sama sekali dengan Kyolic maupun produsennya, Wakunaga.

Dari fakta tersebut, sangat mungkin bahwa bawang putih hitam memiliki bahan aktif dan manfaat yang sama dengan Kyolic. "Tetapi semuanya tidak bisa dibuktikan sampai ada penelitian mengenai hal ini," ujar Ketua Departemen Ilmu Makanan dan Gizi di Universitas Florida, Susan S. Percival. 
Menurut orang-orang yang mengkonsumsi mempercayai bahwa bawang hitam ini bisa untuk: (1) Penangkal Kanker, (2) Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, (3) Rendah Kalori dan Tinggi Nutrisi, (4) Sumber antioksidan, (5) Memangkas Kolesterol Jahat, dan lain sebagainya. Sumber : http://www.khasiat.co.id/umbi/bwang-hitam.html

3. Lalu cara Membuatnya bagaimana ?
Seperti yang saya katakan di awal tadi, jadi bawang hitam ini di buat dari bawang putih. Kita siapkan dulu  
bahan-bahannya :
a. Bawang Putih (jangan dikupas)
b. Majigcom
c. Tisu

Cara Membuat :
Masukkan bawang putih ke dalam majigcom tetapi sebelum itu jangan lupa diberi alas tisu dulu. Jika sudah tutup majigcom, nyalakan dan pastikan lampu indikator pada majigcom berada di warm ya. Tunggu sampai kurang lebih 15 hari, setiap 5 hari dibalik bawangnya lalu tutup kembali.

Nah itu tadi pembahasan tentang bawang hitam. Kalo ditanya "sudah pernah coba belum?" saya jawab sudah dan sudah beberapa hari ini mencoba.
      
Itu dulu pembahasan dari Zonaddictive mudah-mudahan bisa bermanfaat.



Share:

0 comments:

Post a Comment

Thank U for Comment :)

Fanspage

yX Media - Monetize your website traffic with us

Popular Posts

Copyright © Zonaddictive | Powered by Zonaddictive